jump to navigation

Install Grub Setelah Install OS Lain September 24, 2007

Posted by tomcrot in curhat, knowledge.
trackback

Wah…. akhir nya gw bisa juga install grub Ubuntu Gutsy gw yang ilang gara2 install WinuTuxu (Window rasa Ubuntu). Tadinya gw udah kebingungan, gmn caranya ngembaliin Ubuntu gw yang asli. Akhirnya nemu juga caranya, ternyata pake Live cdnya Ubuntu Gutsy trus grub-install deh, trus balik deh Ubuntu gw yang lama 😀

Bagi yang sedang bingung bagaimana mengembalikan grub anda yang hilang karena menginstall atau pun menginstall ulang OS lain ,gw mau bagi-bagi dikit caranya gmn hehehehe 😀

1. Pertama kita running Live Cd Ubuntu Feisty Fawn nya

2. Abis itu jalanin aplikasi terminal dari Ubuntu menu, Aplications>Accessories>Terminal

2. Berlakulah sebagai super user (root)

3. Kemudiah mounting lah partisi Ubuntu yang lama anda

4. Install grub dengan perintah seperti dibawah ini:

#grub-install –root-directory=/tempat/partisi/ubuntu/dimount /dev/hda

Abis itu di reboot deh, walhasil… muncul lagi deh tuh menu boot nya 😀

Comments»

1. HarisOnly - October 25, 2007

Nah ini yg kemaren-kemaren gw cari…. thx cuy….

2. yusbu - February 2, 2008

iya, ris. gw udah lamaaa banget menderita karena ini.
1000 makasih tomcrot saves my time…

3. tomcrot - February 6, 2008

@yusbu
sama2 pak yus.
klo bukan karena pak yus, aku jg ga bisa kayak gini.
makasih yg sebesar-besarnya saya haturkan buat pak yus 😀

4. tomcrot - February 6, 2008

@harisonly
sama2 HO :-p

5. tantos - May 9, 2008

:-*
thx, winku rusak

6. tomcrot - June 16, 2008

@tantos
sama sama

7. Bani - July 1, 2008

Mas,PC saya WinXP pLus Ubuntu hardy. tRus WinXP nya error jadi mau saya install ulang,,,
naH ntar kan grubnya jadi hiLang tuH, bisa ga pake cara di atas????
soaLnya ini cara yg paling gampang yg saya temukan,he,he

terimakasiH…

8. tomcrot - July 1, 2008

@ Bani
wah.. bisa banget kok 😀


Leave a comment